Rabu, 22 Desember 2010

Hiu hitam

Nama Indonesia    : Hiu Hitam
Nama Inggris    : Black Shark,
Nama Latin    : Morrullus Chrysophekadi
Klasifikasi    : Ordo Cyprinjformes, Familia Cyprinidae.
Keterangan    :


Merupakan jenis ikan air tawar cantik, bentuk badan panjang, dari samping kelihatan pipih. Berwarna hitam arang pada keseluruhan badan dan sirip-siripnya dengan suatu bercak kemerahan atau kekuning-kuningan pada setiap sisik serta sirip punggungnya yang besar. Hiu hitam termasuk anggota genus labeo, tersebar luas menjadi ikan aquarium yang berasal dari India dan Asia Tenggara. Pada genus labeo, mulut terletak pada bagian perut di bawah moncong, dan biasanya berbentuk suatu cakram penghisap yang pinggirannya tajam dari zat tanduk. Di habitat aslinya mereka dapat mencapai panjang 60 cm.

Perilaku : Hidup soliter (menyendiri). Walaupun ramah terhadap ikan-ikan lain, ikan ini suka berkelahi dalam menjaga daerahnya dari serangan musuh. Ikan ini kadang-kadang menghalau serangan musuh sampai mati tidak hanya dari jenisnya sendiri tetapi juga ikan-ikan yang lebih besar dari lain jenis. Mempunyai nafsu makan yang baik sekali, menghabiskan sebagian waktunya di dalam  pencarian makanan.

Reproduksi : Dengan cara bertelur. Di aquarium ikan ini sulit berkembang biak, mungkin sebab tidak mencapai kematangan seksual. Perbedaan kelamin antara ikan jantan dan betina sulit diketahui karena banyak kesamaannya.

Pakan : Ikan ini di habitat aslinya lebih menyukai dari jenis sayur-sayuran seperti ganggang, daun selada dan rumput yang berbunga kuning selain juga memakan cacing sutera, kutu air, cyclops, jentik-jentik nyamuk dan lain-Iain. Sedangkan di aquarium Gembira Loka ikan ini diberi pakan makan buatan.
Habitat : Ikan ini di habitat aslinya banyak terdapat di sungai-sungai, danau- danau. Suhu

1 komentar: